Minggu, 27 Oktober 2013

FUNGSI KELUARGA


BAB 3
INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Kelompok ini dalam hubungannya dengan perkembangan individu sering dikenal dengan sebutan primary group. Kelompok inilah yang melahirkan individu dengan berbgai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat.
Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berperan penting terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual di dalam masyarakat.

a)      Pengertian Fungsi Keluarga
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan di dalam atau oleh keluarga itu.

b)      Macam-macam Fungsi Keluarga
Pekerjaan-pekerjaan yang harus dikerjakan di dalam keluarga itu digolongkan ke dalam beberapa fungsi, yaitu:
a. Fungsi Biologis
Dengan fungsi ini diharapkan agar keluarga dapat menyelenggarakan persiapan-persiapan perkawinan bagi anak-anaknya. Karena dengan perkawinan akan terjadi proses kelangsungan keturunan. Orangtua harus memberikan persiapan yang cukup matang untuk anak-anaknya, agar terbina keluarga yang baik di lingkungan masyarakat.
b. Fungsi Pemeliharaan
Keluarga diwajibkan untuk berusaha agar setiap anggotanya terlindung dari gangguan-gangguan, seperti: udara, penyakit dan bahaya lainnya.
c. Fungsi Ekonomi
Keluarga berusaha menyelenggarakan kebutuhan manusia yang pokok yaitu, kebutuhan makan dan minum, kebutuhan pakaian dan kebutuhan tempat tinggal.
d. Fungsi Keagamaan
Dengan berpedoman atas pengamalan Pancasila. Maka keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mendalami serta mengamalkan ajaran-ajaran agama dalam pelakunya sebagai manusia yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
e. Fungsi Sosial
Keluarga berusaha untuk mempersiapkan anak-anaknya bekal-bekal selengkapnya dengan memperkenalkan nilai-nilai dan sikap-sikap yang dianut oleh masyarakat. Serta mempelajari peranan-peranan yang diharapkan akan dijalankan kelak saat dewasa. Di sinilah terjadi sosialisasi. Keluarga juga diharapkan mampu mewariskan nilai-nilai kebudayaan dan norma-norma.

sumber: e-learning.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar