Senin, 16 Maret 2015

Novel







Judul novel                   : Negeri 5 Menara
Karya                           : Ahmad Fuadi

Biodata
Nama Lengkap              : AHMAD FUADI
Nama pena                    : A. Fuadi
Lahir                            : Maninjau, 30 Desember 1972
Pekerjaan                      : Novelis, wartawan, pekerja sosial
Kewarganegaraan           : Indonesia
Aliran sastra                  : Islami, roman, edukasi

Ahmad Fuadi menjalani pendidikan SD dan SMP di Maninjau. Kemudian pada tahun 1988 memulai pendidikan menengahnya di MI Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo. Di sana beliau dibekali tentang ilmu keikhlasan, ilmu hidup, dan ilmu akhiran oleh seorang kiai dan ustad yang ada di sana. “man jadda wajada” artinya “barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan menemui kesuksesan”. Serta ada sebuah kata-kata lagi yang selalu dia ingat bahwa “orang yang paling baik diantaramu adalah orang yang paling banyak manfaat”. Kedua pesan tersebut adalah prinsip dalam pegangan hidupnya.
Setelah lulus dari pondok pesantren Gontor, beliau melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional (HI) di Universitas Padjajaran, Bandung. Lulus S1 HI, beliau bekerja part rime sebagai wartawan majalah Tempo, Voice of America (VOA). Karena prestasinya, pada tahun 1998 beliau mendapat beasiswa S2 di School of Media and Public Affairs, George Washington University.
                Novel ‘Negeri 5 Menara’ adalah sebuah buku pertamanya yang digarap dari rencana trilogi. Buku tersebut sangat menginspirasi banyak orang.







 



Judul novel                         : Laskar Pelangi
Karya                                 : Andrea Hirata

Biodata
Nama Lengkap                    : Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun
Nama Pena                          : Andrea Hirata
Lahir                                  : Belitung, 24 Oktober 1976
Pekerjaan                            : Penulis
Kewarganegaraan                 : Indonesia
Situs web                            : www.andrea-hirata.com

                Andrea Hirata adalah lulusan S1 Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah lulus S1 di UI, beliau mendapat beasiswa Uni Eropa untuk sekolah Master of Science di Universite de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Pada tahun 1997, Andrea Hirata resmi menjadi pegawai PT. Telkom.
Saat beliau menjadi relawan untuk korban tsunami di Aceh, semua memori akan kehidupannya di masa kecil kembali teringat. Maka dari itu beliau semakin mantap untuk menulis novel ‘Laskar Pelangi’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar