Senin, 23 Maret 2015

Bentuk Dasar Komunikasi

Komunikasi dapat terjadi dalam berbagai bentuk, tergantung pilihan yang dianggap paling tepat oleh pengirim. Komunikasi dapat berbentuk verbal (lisan atau tulisan) dan non verbal.

Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal terdiri dari kata-kata yang disusun dalam pola yang mempunyai arti, seperti:
  • a.     Berbicara (lisan)

Komunikasi lisan merupakan media komunikasi yang paling disukai. Berbicara merupakan komunikasi paling cepat dan nyaman dibandingkan menulis. ketika berbicara atau mendengarkan kita dapat mendapat arti tambahan dari gerakan verbal dari lawan bicara anda secara langsung.

  • b.      Menulis

Ada kalanya kita dapat menggunakan komunikasi tertulis agar lebih efektif dan tepat, seperti surat, memo, laporan dan proposal. Keuntungannya adalah adanya catatan dan bukti komunikasi tertulis.

Komunikasi Non-verbal

Komunikasi non-verbal merupakan bentuk komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Sebaliknya, komunikasi non-verbal menggunakan tanda-tanda atau isyarat tubuh. Namun dalam kenyataannya, kedua jenis komunikasi ini saling jalin menjalin, saling melengkapi dalam komunikasi yang kita lakukan sehari-hari, dalam dunis bisnis perwujudan komunikasi nonverbal dapat dicontohkan mengkerutkan dahi, tersenyum, tertawa menutup mulut, membuang muka, dimana disesuaikan dengan maksud yang akan disampaikan kepada lawan bicara/penerima komunikasi.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar