Senin, 30 September 2013

PERUBAHAN SIKAP SOSIAL AKIBAT DAMPAK GLOBALISASI

Globalisasi adalah masuknya semua aspek kehidupan yang mendunia. Yang dimaksud dengan semua aspek kehidupan yaitu mulai dari makanan, pakaian, budaya sampai dengan media komunikasi dan informasi. Dan juga perubahan yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin berguna dan saling bergantung satu sama lainnya.

Globalisasi telah mampu mengubah perilaku masyarakat dunia. Beberapa contoh perubahan perilaku masyarakat karena globalisasi :

DAMPAK POSITIF
Dampak positif antara lain dapat dilihat pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan tata nilai dan sikap, serta meningkatnya kehidupan ke arah yang lebih baik  lagi.

1.       Perubahan tata nilai dan sikap
Dengan perubahan social budaya, tata nilai dan sikap masyarakat pun cenderung mengalami perubahan, yaitu dari berpikiran tidak rasional kearah rasional.
2.       Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
3.       Komunikasi
Cara orang berkomunikasi saat ini makin canggih seiring dengan ditemukannya berbagai alat komunikasi seperti telepon seluler, internet dan sebagainya. Dengan alat-alat komunikasi tersebut kita makin mudah berhubungan dengan orang lain dimanapun dan kapanpun. Dengan internet kita dapat dengan mudah mencari berbagai informasi yanng kita inginkan tanpa harus pergi ke suatu tempat.
4.       Meningkatkan kualitas diri
Tuntutan perkembangan jaman di era globalisasi menuntut manusia untuk senantiasa mengembangkan dirinya agar tidak ketinggalan jaman. Dengan begitu, manusia akan membekali dirinya dengan mengenyam pendidikan yang tinggi agar arus globalisasi dapat dilalui dengan baik.

DAMPAK NEGATIF

1.       Pola hidup konsumtif
Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. Pola hidup konsumtif makin berkembang dan marak karena didukung oleh media masa yang juga makin berkembang.
2.       Sikap indivdualistik
Persaingan hidup yang semakin keras dan ketat membuat manusia makin tidak peduli orang lain. Mereka hanya memikirkan diri sendiri dan kehidupannya. Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.
3.       Gaya hidup kebarat-baratan
Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.
4.       Munculnya kesenjangan social
Perubahan social budaya biasanya dirasakan oleh masyarakat tertentu saja, misalnya masyarakat perkotaan. Masyarakat yang mampu menikmati perubahan akan memiliki kemampuan social ekonomi yang lebih baik daripada tidak. Hal itulah yang menyebabkan kesenjangan social dalam masyarakat.

Adapun solusi untuk menangani dampak negative globalisasi, diantaranya:
1.       Selalu berusaha untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.       Selalu meningkatkan penghayatan dan pengamalan kita terhadap Pancasila
3.       Selalu mempertahankan dan melestarikan budaya lokal tradisional
4.       Selalu melakukan penyaringan terhadap informasi yang beredar




1 komentar:

  1. makasih banyak buat infronya, sangat bermanfaat dan menambah wawasan,,... salam sukses !! :-)

    http://goo.gl/e2N1YZ

    BalasHapus