Penyelenggaraan Komunikasi dengan Pasar
Dengan timbulnya situasi Economic
of relatif plenty, dewasa ini setiap pengusaha harus berusaha untuk dapat
menutup jurang yang terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen
selaku calon pembeli atau pemakai barang atau jasa yang dihasilkannya. Menjadi
tugas dan tanggung jawabnya selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat
mempengaruhi besarnya permintaan akan barang hasil produksi perusahaannya,
selalu berusaha untuk mencari pembeli dan pemakai barang yang dihasilkannya. Setiap
pengusaha harus selalu memelihara konsumen dengan pasar.
Penyelenggara komunikasi dengan pasar, merupakan suatu
syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk secara
besar-besaran yang ditujukan kepada kepada para konsumen yang tidak dikenalnya.
Itu juga berarti suatu syarat mutlak bagi setiap pengusaha yang ingin menjamin
kelangsungan hidup perusahaannya dan terus maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis, ada aneka sarana komunikasi
perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk berkomunikasi dengan
masyarakat konsumen, antara lain adalah dalam wujud pengiriman surat,
pengiriman kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi, dan lain-lain. Untuk
berkomunikasi dalam suatu daerah pemasaran yang sangat luas, dimana calon
konsumen kita jumlahnya beribu-ribu bahkan mungkin mencapai jutaan atau puluhan
juta orang, kita memerlukan sarana komunikasi pemasaran khusus seperti
periklanan. Karena periklanan dalam rangkaian usaha yang dilakukan setiap
pengusaha merupakan suatu alat pemasaran yang bidang geraknya justru terletak
dalam bidang komunikasi massa.
Peranan Komunikasi
Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau
kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan atau diartikna pula
sebagai saling tukar menukar pendapat. Komunikasi dapat juga diartikan hubungan
kontak antara manusia baik individu maupun kelompok.
Dalam garis besarnya dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain. Apabila dirumuskan, pada dasarnya komunikasi adalah pemberian dan penerimaan informasi berupa pengetahuan dan pengertian dengan maksud untuk mengubah partisipasi agar hal-hal yang diberitahukan itu menjdi milik bersama. Jadi dengan singkat dapat dikatakan bahwa arti penting komunikasi adalah sebagai sarana atau alat untuk menciptakan jalinan pengertian yang sama dan serasi serta menimbulkan dasar tindakan serta dasar terbentuknya kerja sama.
Dalam garis besarnya dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain. Apabila dirumuskan, pada dasarnya komunikasi adalah pemberian dan penerimaan informasi berupa pengetahuan dan pengertian dengan maksud untuk mengubah partisipasi agar hal-hal yang diberitahukan itu menjdi milik bersama. Jadi dengan singkat dapat dikatakan bahwa arti penting komunikasi adalah sebagai sarana atau alat untuk menciptakan jalinan pengertian yang sama dan serasi serta menimbulkan dasar tindakan serta dasar terbentuknya kerja sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar