Memasuki millenium baru, dunia usaha banyak
menghadapi masalah kompleks. Bukan saja karena cakupan bisnisnya yang semakin
beragam, melainkan juga karena skala bisnis sudah menjadi problem yang
sangat luas. Sejumlah ahli mengatakan bisnis sudah menjadi masalah global.
Mengapa sampai demikian?
Pertama, karena semakin pesatnya kemajuan di bidang sain dan
teknologi, sehingga merangsang terciptanya sistem dan proses produksi yang
efisien. Produksi barang dan jasa sudah melampaui batas kebutuhan pasar dalam
negeri, sehingga perlu di ekspor.
Kedua, karena teknologi telah mempercepat pembangunan sarana
dan prasarana transportasi, sehingga mobilitas sosial menjadi semakin cepat dan
tinggi.
Ketiga, bersamaan dengan itu, kemajuan di bidang
transformasi informasi [komunikasi] juga berlangsung sangat pesat, sehingga
informasi tentang keadaan tertentu dapat disampaikan tanpa tergantung pada
jarak geografis. Bukan itu saja, kemajuan di bidang komunikasi [media massa]
telah mempengaruhi pola-pola bisnis antarmanusia.
Fenomena inilah yang menyadarkan banyak orang betapa
pentingnya memahami gejala komunikasi dalam rangka memahami gejala bisnis.
Jika kita melihat bisnis dan komunikasi sebagai sama-sama
suatu proses sosial, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa komunikasi adalah
bisnis dan, sebaliknya, bisnis adalah komunikasi. Artinya, pada tingkatan
gejala [fenomena], antara komunikasi dan bisnis merupakan gejala yang
terintegrasi. Tidak bisa dipisah-pisahkan. Bisnis dan komunikasi sama-sama memulai kegiatannya dengan
melakukan proses produksi. Lebih jelasnya bisa dijelaskan sbb :
- · Dalam komunikasi, yang diproduksi dinamakan informasi; sedangkan dalam bisnis, yang diproduksi adalah barang dan jasa. Dalam konteks tertentu, informasi juga termasuk barang dan jasa. Misalnya : informasi lewat surat kabar, majalah, televisi, dll.
- · Kemudian, bisnis dan komunikasi menyampaikan produk tsb kepada pihak lain. Dalam komunikasi, pihak lain bisa disebut communicator, audience,destination, dst. Sementara dalam kegiatan bisnis pihak lain sering disebut konsumen, klien, buyer, dst.
- · Komunikasi dan bisnis sama-sama menimbulkan reaksi tertentu dan mempunyai hambatan-hambatan yang spesifik.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar