Komunikasi
Menurut Cara Penyampaian
Kiranya kita tidak perlu sulit
untuk mengenali cara-cara penyampaian informasi dalam komunikasi, karena pada
dasarnya kita telah melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut cara penyapaian informasi
dapat dibedakan menjadi :
·
1. Komunikasi
Lisan.
Yang terjadi secara langsung dan
tidak dibatasi oleh jarak, dimana ke dua belah pihak dapat bertatap muka.
Yang terjadi secara tidak
langsung karena dibatasi oleh jarak.
· 2. Komunikasi
Tertulis.
Yang dilaksanakan dalam bentuk
surat dan dipergunakan untuk menyampaikan yang beritanya singkat. Jelas tetapi
dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud tertentu.
Naskah, yang biasanya
dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek
Blangko-blangko, yang
dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.
Gambar dan foto, Karena tidak
dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
Spanduk, yang biasa dipergunakan
untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak.
Dalam berkomunikasi secara
tertulis, sebaiknya dipertimbagkan maksud dan tujuan komunikasi itu
dilaksanakan. Dan perlu juga resiko dari komunikasi tertulis tersebut aman dan
mudah dimengerti .
Komunikasi
Menurut Perilaku
Komunikasi merupakan hasil
belajar manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga dipengaruhi oleh
perilaku maupun posisi seseorang. Menurut perilaku, komunikasi dapat dibedakan
menjadi :
1.
1. Komunikasi
Formal.
Komunikasi yang terjadi diantara
anggota organisasi atau perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam sruktur
organisasinya.
2.
2. Komunikasi
Informal.
Komunikasi yang terjadi di dalam
suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur
organisasi.
3.
3. Komunikasi
Nonformal.
Komunikasi yang terjadi antara
komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang bertujuan
dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi.
Maka telah diketahui bahwa
komunikasi formal, informal dan nonformal saling berhubungan, dimana komunikasi
nonformal merupakan jembatan antara komunikasi formal dengan komunikasi
informal yang dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi.
Komunikasi
Menurut Ruang Lingkup
Ruang lingkup terjadinya
komunikasi merupakan batasan jenis komunikasi ono. Maka dalam komunikasi
menurut ruang lingkup dapat dibedakan sebagai berikut :
·
1. Komunikasi
Internal.
Komunikasi yang berlangsung dalam
ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara
anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja.
2. Komunikasi
Eksternal.
Komunikasi yang berlangsung
antara organisasi kepada pihak masyarakat yang ada di luar organissi atau
perusahaan tersebut.
Komunikasi dengan pihak luar
dapat berbentuk :
-
Eksposisi,
pameran, promosi, publikasi, dan sebagainya.
-
3. Komperensi
pers
-
Siaran
televise, radio, dan sebagainnya.
-
Bakti
social, pengabdian pada masyarakat, dan sebagainnya.
Komunikasi eksternal dimaksudkan
untuk mendapatkan pengertian, kepercayaan, bantuan dan kerjasamadengan
masyarakat.
Komunikasi
Memurut Aliran Informasi
Komunikasi menurut aliran
informasi dapat dibedakan sebagai berikut :
·
1. Komunikasi
satu arah.
Komunikasi yang berlangsung dari
satu pihak saja.
·
2. Komunikasi
dua arah.
Komunikasi yang bersifat timbale
balik, dalam hal ini komunikasi diberi kesempatan untuk memberikan respons atau
feedbeck kepada komunikatornya.
·
3. Komunikasi
ke atas.
Komunikasi yang terjadi dari
bawahan kepada atasan
4. Komunikasi
ke bawah.
Komunikasi yang terjadi dari
atasan kepada bawahan.
·
5. Komunikasi
kesamping.
Komunikasi yang terjadi diantara
orang yang memiliki kedudukan sejajar. Dengan demikian arah informasi tersebut
akan dianut sebagai bentuk interaksi komunikasinya.
Komunikasi
Menurut Jaringan Kerja
Di dalam sebuah organisasi atau
perusahaan komunikasi akan terlaksana neburut sistem yang ditetapkanya dalam
jaringan kerja.
Komunikasi menurut jaringan kerja
ini dapat dibedakan menjadi
1. Komunikasi
jaringan kerja rantai.
Komunikasi terjadi menurut saluran
hirarchi organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi
formal.
·
2. Komunikasi
jaringan kerja lingkaran.
Komunikasi terjadi melalui
saluran komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran.
·
3. Komunikasi
jaringan bintang.
Komunikasi yang terjadi melalui
satu sentral dan saluranya yang dilalui lebih pendek.
Komunikasi
Menurut Peranan Individu
Dalam komunikasi ini peranan
individu sangat mempengaruhi keberhasilan proses komunikasinya. Ada beberapa
macam antara lain :
·
1. Komunikasi
antar individu dengan individu yang lain.
·
2. Komunikasi
yang terlaksana secara nonformal maupun informal.
·
3. Komunikasi
antara individu dengan lingkungan yang lebih luas.
·
4. Komunikasi
yang terjadi karena individu yang dimaksudkan memiliki kemampuan yang tinggi.
·
5. Komunikasi
antara individu dengan dua kelompok atau lebih.
·
Dalam
komunikasi individu berperan sebagai perantara antara dua kelompok atau lebih.
Komunikasi
Menurut Jumlah Yang Berkomunikasi
Komunikasi yang selalu terjadi
diantara sesama manusia baik perorangan maupun kelompok. Jumlah yang
berkomunikasi akan mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri, disamping sifat
dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan. Untuk itu dapat dibedakan sebagai
berikut :
1.
1. Komunikasi
perseorangan.
Komunikasi yang terjadi secara
perseorangan atau individual antara pribadi dengan pribadi tentang permasalahan
yang bersifat pribadi juga.
2.
2. Komunikasi
kelompok .
Komunikasi yang berlangsung dalam
suatu kelompok atau group tentang masalah-masalah yang menyangkut kepentingan
banyak orang dalam kelompok.
Komunikasi
Menurut Kelangsungannya
Di dalam proses komunikasi dapat
kita ketahui terjadinya interaksi dua belah pihak tersebut sebagai berikut :
l. Komunikasi Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan
secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi
yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.
2. Komunikasi Tidak Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan
dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat atau media komunikasi.
Komunikasi
Menurut Maksud Komunikasi
Bila diperhatikan dengan seksama,
maka dapat diketahui bahwa komunikasi dapat terlaksana bila terdapat inisiatif
dari komunikator maka maksud terlaksananya komunikasi lebih banyak ditentukan
oleh komunikator tersebut. Menurut maksud dilakukan komunikasi dapat dibedakan
sebagai berikut :
1. Pidato
2. Ceramah
3. Memberi
perasaran
4. Wawancara
5. Memberi perintah atau tugas
5. Memberi perintah atau tugas
Dengan demikian jelas bahwa
inisiatif komunikator menjadi faktor penentu, demikian pula kemampuan komunikator
tersebutlah yang memegang peranan keberhasilan proses komunikasinya.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar