PROPOSAL USAHA
KETA (Keripik Kita)
I. LATAR BELAKANG
Keripik singkong merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak
digemari konsumen. Rasanya yang renyah dan murahnya harga yang ditawarkan
menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai
para mahasiswa di kampus Gunadarma.
Meskipun trend tersebut belum lama dikenal masyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan rasa manis pada keripik singkong pedas pada produk yang diciptakannya.
Meskipun trend tersebut belum lama dikenal masyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan rasa manis pada keripik singkong pedas pada produk yang diciptakannya.
Kami menjual
keripik singkong di lingkungan kampus karena masih jarang ditemukannya pen jual
keripik singkong balado seperti produk kami ini.
II. VISI
USAHA
Memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan
Indonesia “keripik Singkong” yang mampu menjadi makanan yang
berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan mahasiswa sebagai makanan cepat
saji atau cemilan.
III. MISI
USAHA
Adapun misi
yang kami terapkan adalah :
·
Memperkenalkan produk keripik singkong pada
mahasiswa
·
Memberikan kepuasan kepada konsumen
·
Memanfaatkan bahan baku utama, sehingga singkong
menjadi makanan yang berkualitas
·
Mencari keuntungan dari modal yang kecil
IV. ANALISA
PELUANG USAHA
Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran
karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang
usaha yang kita inginkan.
Bukan hanya
rasanya saja yang berbeda namun kami akan membuat keripik singkong ini dalam
kemasan yang lebih menarik, sehingga para konsumen tidak akan mengalami
kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Kami akan
menjual keripik singkong ini di lingkungan kampus, sehingga para mahasiswa akan
lebih mudah mengenali produk kami.
Apabila kita
lihat dari analisa sistem SWOT seperti hal berikut :
SWOT
Strengths (Kekuatan) :
Ø Harga
keripik singkong ini cukup terjangkau oleh kalangan mahasiswa.
Ø Kualitas
dari keripik singkong ini sangat terjamin rasa dan kebersihannya.
Ø Keripik
ini mempunyai rasa pedas manis.
Ø Keripik
singkong dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan
hemat.
Weakness (Kelemahan)
Ø Minimnya
modal bahan yang di produksi kurang banyak.
Ø Bahan
baku keripik singkong yang mudah rusak.
Ø Keripik
singkong akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau
ditumpuk.
Opportunity (Peluang)
Ø Kondisi
mahasiswa yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan
produk.
Ø waktu
luang yang renggang membuat mahasiswa mudah lapar sehingga ingin makan camilan.
Threats (Ancaman)
Ø Munculnya
produk baru yang lebih unggul.
V. TARGET PASAR / KONSUMEN
Rata-rata penggemar berat makanan pedas adalah kalangan remaja atau anak muda, khususnya para mahasiswa di Universitas Gunadarma.
Rata-rata penggemar berat makanan pedas adalah kalangan remaja atau anak muda, khususnya para mahasiswa di Universitas Gunadarma.
VI. CARA PEMASARAN
Kami mendatangi secara langsung mahasiswa yang sedang
berada di luar kelas (sedang tidak ada jam kuliah). Lalu menawarkan kepada
mereka untuk mencicipi produk kami secara gratis sebelum mereka membeli.
VII. BIAYA
PRODUKSI
Adapun
harga - harga dari bahan - bahan pembuatan keripik singkong dan biaya - biaya
yang akan keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :
No.
|
Bahan baku
|
Harga
|
1.
|
Keripik singkong kiloan
|
Rp. 20.000/kg
|
2.
|
Plastik es (1/4)
|
Rp. 5.000/pack
|
3.
|
Lilin
|
Rp. 1.000/batang
|
4.
|
Label merk
|
Rp. 1.000/lbr
|
Modal awal = Rp.
30.000/orang
Rp. 30.000 x 4 orang = Rp. 120.000
Adapun perhitungan awal produk KETA :
·
Keripik singkong 5kg x Rp. 20.000 = Rp.
100.000-,
·
Plastik pembungkus keripik 1 pack x Rp. 5.000 =
Rp. 5.000-,
·
Lilin 2 batang x Rp. 1.000 = Rp. 2.000-,
·
Label merk 3 lembar x Rp. 1.000 = Rp. 3.000-,
Total keseluruhan perhitungan awal = Rp. 110.000-,
Modal awal – total perhitungan awal
Rp. 120.000 – Rp. 110.000 = Rp. 10.000-, (sebagai biaya tak terduga)
HARGA PENJUALAN
Penjualan awal 40 bungkus.
1 bungkus keripik singkong = Rp. 5.000-,
·
40 bungkus x Rp. 5.000 = Rp. 200.000-,
KEUNTUNGAN
Harga jual – modal awal
Rp. 200.000 – Rp. 120.000 = Rp. 80.000-,
VIII. PENUTUP
Dalam melakukan
usaha dituntut untuk serius dan Fokus, kita tidak bisa dalam memulai bisnis itu
secara setengah tengah. Kami pun mengerti cara untuk berwirausaha walaupun
dengan usaha kecil dan dalam lingkup yang sempit.
Demikian proposal ini kami buat, semoga proposal ini dapat terealisasi
dengan baik sebagai bagian dari tugas kuliah Kewirausahaan. Semoga Allah SWT
memberikan berkat dan Rahmat-Nya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami
ucapkan terima kasih.
NAMA KELOMPOK :
1. Saarah Kurniawati (16612764)
2. Sarah Ariesta Putri (16612835)
3. Tania Simbar Kancana (17612289)
4. Vitaloka Ayudya Dewi (17612613)
KELAS : 2 SA 01
NAMA KELOMPOK :
1. Saarah Kurniawati (16612764)
2. Sarah Ariesta Putri (16612835)
3. Tania Simbar Kancana (17612289)
4. Vitaloka Ayudya Dewi (17612613)
KELAS : 2 SA 01
Tidak ada komentar:
Posting Komentar